18 February 2015

TIPS UMRAH : Tas Selempang / Tas Paspor Umrah


Assalamualaikum Wr. Wb.,

Semoga para pembaca dalam kondisi sehat wal ‘afiat dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT agar dapat terus menjalankan ibadah dengan maksimal.

“Mbak Jihan koq tasnya ga jebol ya? Ini low punyaku udah jebol ” atau gini “Tas selempangku ini berat banget Mbak” merupakan statement yang kerap kali yang saya dengarkan dari beberapa Jamaah. Didukung pula dengan hasil pengamatan saya sering kali Jamaah Umrah khususnya Jamaah Indonesia yang terlihat kewalahan dengan bawaan ketika di Masjid. Sementara bagi saya pribadi ketika barang bawaan mengganggu aktifitas utama dalam hal ini ibadah, maka kenyamanan Ibadah akan terganggu karena kewalahan dengan gembolan tersebut. Maka dari itu saya ingin berbagi tips penggunaan dan pengisian tas selempang atau tas paspor umrah agar Jamaah praktis dan nyaman dalam penggunaanya khususnya ketika digunakan pada aktifitas di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram.

1.       Kenali compartment (ruang-ruang) tas selempang Anda.
Masing-masing biro perjalanan memiliki model tas selempang yang berbeda. Namun setiap tas selempang atau tas paspor memiliki kesamaan yaitu dibuat dengan ukuran tidak terlalu besar supaya praktis ketika digunakan.
2.       Gunakan Tas selempang tersebut hanya untuk aktifitas di Masjid.
Pada aktifitas lainnya seperti penerbangan pulang dan pergi, city tour, ataupun shopping time (berbelanja) disarankan menggunakan tas yang lain atau tas jinjing bagi jamaah perempuan
3.       Jangan memasukkan muatan melebihi kapasistas tas selempang
tersebut alias maksa2in masukin barang ini penyebab utama tas gampang jebol
4.       Sangat disarankan untuk menggunakan tas selempang ketika beraktifitas di Masjid
Selain ID Card yang umumnya diberikan oleh penyelenggara Umrah, tas selempang ini juga dapat dimanfaatkan sebagai identitas rombongan jamaah Umrah. Tas selempang akan memudahkan jamaah untuk mengenali jamaah yang berada dalam rombongan yang sama. Selain itu pada tas selempang umumnya tercantum identitas biro penyelenggara umrah. Sehingga jika terjadi sesuatu misalnya tas hilang atau jamaah tersasar maka akan memudahkan petugas setempat untuk mengenali atau membantu jamaah mengatas permasalahannya.
5.       Barang-barang wajib dalam tas selempang versi Jihan Balbeid adalah :
a)      Photocopy Paspor dan Visa
Dikarenakan Jamaah Umrah Indonesia tidak akan memegang dokumen selama menjalankan ibadah umrah maka disarankan untuk membawa copy dokumen paspor dan visa yang dapat diminta kepada biro penyelenggara umrah. Memang tingkat kepentingannya tidak terlalu tinggi namun demi rasa aman maka disarankan untuk membawa copy dokumen tersebut.
b)      Kartu Nama Hotel
Untuk mengantisipasi lupa atas nama dan patokan lokasi hotel jamaah menginap maka sebaiknya kartu nama hotel sebaiknya disimpan di dalam tas Selempang. Biasanya kartu nama hotel ini dibagikan ketika Jamaah melakukan check in hotel.
c)       Plastik Sandal
Dapat menggunakan plastik apapun. Di Masjidil Haram plastic khusus penyimpanan sandal ini tersedia hamper disetiap pintu masuk masjid.
d)      Botol Minum
Dapat dikhususkan membawa botol minum atau dapat menggunakan botol air mineral. Botol ini akan diisi ulang dengan air zamzam agar kita dapat meminum air zamzam sesering mungkin.
e)      Sajadah tipis
Sebagai antisipasi jika tidak mendapatkan shaf berkarpet.
f)       Kaos kaki sebagai ganti
Biasanya saya membedakan kaos kaki yang saya gunakan untuk berjalan dengan yang saya gunakan untuk shalat demi menjaga kebersihan alas kaki saya. Sehingga ketika akan shalat saya mengganti kaos kaki.
g)      Uang secukupnya
h)      Petroleum Gel
Untuk mengantisipasi kulit kering maka sering-seringlah mengolesi daerah bibir, pipi, idung, dan tumit dengan petroleum gel ini. Namun agar lebih praktis maka pindahkan petroleum gel ini ke kemasan yang lebih kecil
i)        Kaca mata hitam (sun glasses)
Dalam musim apapun sun glasses selalu menjadi barang bawaan wajib saya karena sinar matahari di Medina dan Mekkah sangat terik.
j)        Portable charger
Karena saya menggunakan smart phone dengan kapasitas baterai yang minim maka Portable charger menjadi barang wajib bawaan saya. Namun bawaan yang satu ini diseuaikan dengan kondisi gadget masing-masing jamaah


Sekian TIPS UMRAH : TAS SELEMPANG / TAS PASPOR UMRAH versi Jihan Balbeid. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Jika ada masukan atau ide mengenai TIPS UMRAH lainnya mohon disampaikan ke saya.
Terima kasih
Wassalam


1 comments:

Nathan Rider said...

I was pinning away for such type of blogs, thanks for posting this for us.best & cheap hajj and umrah packages from Birmingham