03 March 2015

Tiket Kereta Api Online : CTM

Pembelian tiket kereta api dapat dilakukan dengan mudah oleh para penggunanya, Kita dapat membeli tiket melalui web PT KAI, beberapa web penjual tiket, mini market, dan juga di beberapa travel agent. Jadi ga perlu antri berdesak-desakan dan jauh-jauh ke stasiun. Namun pembelian tiket online kereta api ini berbeda dengan tiket online pesawat. Bedanya adalah calon penumpang tetap harus menukarkan dengan tiket fisik kereta api yang berhologram. Sementara jika kita melakukan pembelian tiket pesawat secara online tidak diperlukan lagi tiket fisiknya bahkan menujukkan kode booking dan jadwal pada layar HP saja oleh petugas akan diperbolehkan masuk untuk melanjutkan proses check in.

Ada dua pilihan untuk mendapatkan tiket fisik kereta api yaitu melakukan pengambilan di loket atau Cetak Mesin Mandiri (CTM).





Kali ini saya mau berbagi informasi mengenai Cetak Mesin Mandiri (CTM) PT Kereta Api Indonesia di Jakarta. Dua kali saya telah menikmati fasilitas CTM ini dan kedua-duanya saya lakukan di Stasiun Gambir.
  • Cetak Mesin Mandiri (CTM) tersedia di Stasiun Gambir, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Jatinegara, dan Stasiun Ps. Senen (Update info Call Center 121, 3 Mar 2015)
  • Proses cetak tiket sangatlah mudah cukup masukkan 13 digit kode pembayaran atau 6 digit kode booking yang tertera pada struk atau tiket online
  • Setelah Anda mendapatkan kode booking atau kode pembayaran maka dapat melakukan pencetakan tiket. Pencetakan ini tidak harus dilakukan oleh calon penumpang, karena yang dibutuhkan hanya kode pembayaran atau kode booking. Jadi bisa titip atau meminta bantuan teman/saudara/tetangga yang kebetulan ke stasiun yang menyediakan layanan CTM.
  • Pastikan Anda telah melakukan cetak tiket selambat-lambatnya 1 jam sebelum keberangkatan.
  • Mudah dan praktis sekali menggunakan CTM PT KAI didukung pula dengan petugas PT KAI dan juga Security Stasiun yang tidak bosan-bosan mengajarkan kepada calon penumpang penggunaan CTM ini
  • Saran : ketika merobek tiket dari CTM pastikan hati-hati karena melihat salah seorang calon penumpang terlalu bersemangat ketika merobek sampai-sampai tiketnya terkoyak. Selain itu menekan layar ketika memasukkan kode jangan terlalu bersemangat karena akan mengganggu sensitifitas layar sentuh CTM. 


Jika pembaca belum yakin atau merasa kurang pas dengan layanan CTM tersebut penukaran tiket online kereta api dapat dilakukan dengan cara konvensioal yakni penukaran di loket. Loket tempat penukaran tiket kereta api online tersedia di Stasiun Gambir, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Jatinegara, Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Ps. Senen (Update info Call Center 121, 3 Mar 2015). Pastikan Anda membawa STRUK/Tiket Online dan Fotokopi KTP calon penumpang. Dua syarat ini tidak dapat digantikan dengan yang lain sudah menjadi syarat mutlak penukaran di loket. Jika pengambil tiket tidak membawa salah satunya maka petugas tidak akan melakukan pencetakan tiket kereta api. Sama dengan ketentuan di CTM pencetakan tiket selambat-lambatnya 1 jam sebelum keberangkatan dan paling cepat ketika calon penumpang sudah mendapatkan kode booking/kode pembayaran.


Sekian berbagi pengalaman dari saya mengenai salah satu fasilitas PT KAI.Terima kasih PT KAI. Semangat terus meningkatkan pelayanan kereta api di Indonesia demi kenyamanan para penumpang


1 comments:

Online Cara said...

Reservasi tiket online ternyata gampang
terima kasih banyak infonya