06 August 2015

Singapore - Kuala Lumpur by Bus : Sri Maju

YUUUUHUUUU!!! Mendapatkan kesempatan merasakan lintas negara dengan bus. Pengalaman pertama saya ini dengan Rute Singapore (Golden Mile Complex) menuju Kuala Lumpur (Terminal Bersepatu Selatan/TBS). Biaya untuk perjalanan ini adalah SGD 25 atau sekitar Rp. 250.000 dengan waktu tempuk 5-6 jam perjalanan dan mendapatkan sebotol air mineral.
Oh iya buat para pembaca saya sarankan untuk TIDAK MEMBELI tiket bus di Queen Street Terminal-Bugis. Saya mengalami pengalaman kurang baik dengan pelayanan loket di sana dengan hasil saya mendapatkan tiket tidak sesuai dengan permintaan saya. Hal ini disebabkan komunikasi tidak berjalan baik dan juga ada unsur pemaksaan dari penjual. Kendala komunikasi yang saya alami adalah pelafalan bahasa inggris yang sulit saya pahami, penjual tidak membantu penjelasan dengan bahasa tulisan, dan terdapat sekat tralis pada loket sehingga kita tidak bisa melihat bookingan penjual untuk double check. Dan ketika saya membeli tiket pertama saya di Queen Street penjual tiket tersebut seperti tergesa-gesa ingin menyelesaikan transaksi dengan saya akhirnya saya mengambil keputusan dengan gegabah.
saya sangat menyarankan bagi para pembaca yang ingin membeli tiket bus lintas negara datanglah ke GOLDEN MILE COMPLEX dekat dengan Nicoll Highway MRT Station. Mengapa demikian? Di gedung ini banyak sekali pilihan travel agent. Sehingga jika pembaca kurang sreg bisa berganti ke travel agent lainnya. Atau bisa mencari beberapa pendapat mengenai rute perjalanan yang pembaca inginkan. Saya tidak mencari informasi mengenai jam operasional kawasan ini. Namun saya sendiri tiba ditempat ini pukul 09:00 dan sudah banyak travel agent yang buka karena beberapa tujuan memiliki jadwal keberangkatan pertama mulai jam 07:45. Dan dikarenakan kompetisi antar agent cukup ketat maka secara otomatis pelayanan pun lebih baik.
Kawasan Golden Mile Complex seperti ITC gitu jika kita samakan di Indonesia. Tidak terlalu bronx alias menyeramkan sehingga perasaan aman dijamin muncul. Travel agent pilihan kami adalah Great Excursion Pte Ltd. Sebenernya bukan pilihan si terpaksa jatuh pada agent ini karena memberikan solusi potongan harga atas kesalahan tiket sebelumnya. Travel agent ini terletak tepat di depan Taxi Stop alias Pangkalan taksi dan juga bersebalahan dengan Sri Maju. Customer service melayani dengan baik dan kemampuan bahasa Inggris pun jauh lebih baik. Demikian pula sebelum tiket dicetak CS melakukan konfirmasi ulang dengan meminta saya melihat kembali jam, rute perjalanan, dan memilih kursi. Sehingga tidak lagi terjadi kesalahan tiket.

Alhasil jam 12:00 kami menuju Kuala Lumpur dengan rute bus Sri Maju Singapore - Kuala Lumpur - Ipoh. Sekitar 30 menit bus berjalan kami memasuki kawasan Imigrasi Singapore seluruh penumpang diwajibkan turun untuk proses exit stamp Singapore dan segera kembali ke dalam bus. Bus pun kembali melitasi wilayah perbatasan sekitar 15 menit kemudian seluruh penumpang dengan segala bagasi diwajibkan turun untuk entry stamp Malaysia. Setelah seluruh penumpang kembali masuk Bus perjalanan dilanjutkan menuju Rest Area Batu Pahat, Yong Peng. Dari awal perjalanan sampai tiba di rest area kurang lebih 4 jam perjalanan. Bus kami berhenti kurang lebih 40 menit. Masing-masing penumpang memiliki cara menikmati waktu di rest area. Kalo saya minum teh tarik, liat-liat swalayan, dan juga iseng ngobrol-ngobrol dengan penjaga swalayan. Di rest area ini peraturan Malaysia sudah barang tentu yang berlaku alias tidak seketat peraturan Singapore mengenai merokok, makan, minum, dan lain sebagainya. Yang paling membahagiakan buat saya adalah saya sudah memasuki kawasan toilet dengan selang air untuk "bersih2".

Oh iya..jangan kuatir ketinggalan bus di Rest Area ini karena 5 menit sebelum bus melaju kembali akan diumumkan oleh CS Rest Area. Setelah 40 menit istirahat sang Driver kembali mengemudi menuju Kuala Lumpur. Bus yang kami tumpangi memiliki dua pilihan stop over di KL yakni Pudu Raya dan TBS. Saya lebih memilih TBS karena lebih familiar buat saya. Setelah total 6.5 jam perjalanan akhirnya kami tiba di TBS. Lebih lama dari dugaan dikarenakan kondisi lalin yang cukup padat karena weekend sepertinya.

Secara keseluruhan pengalaman saya melintas SIN-KL dengan Sri Maju adalah MENYENANGKAN dan NYAMAN karena tempat duduk yang nyaman dan dapat direbahkan hanya saja terdapat kekurangan pada bus ini yakni TIDAK ADA COLOKAN LISTRIK huhuhuhu alhasil harus hemat-hemat menggunakan hp tersayang

Jadi jangan ragu-ragu untuk menikmati bus lintas negara. Lebih mudah lagi jika pembaca melakukan reservasi bus via easybook.com

BE HEALTHY SO YOU CAN GO ANYWHERE

Aisyah Az-Zahra said...

boleh makan2 gak di bus nya karena saya bawa anak

Unknown said...

hai mbak nidova..sengeh aku ga ada sign hehehe aku si makan2 asal jangan buang2 sembarangan kayanya boleh dey

mamalevoyage said...

Hai mbak, klo naik bus sri maju ini bawa koper gede 24inch boleh gak?