09 October 2015

Pembatalan Tiket Kereta Api : Mudah dan Tepat Waktu

Setelah beberapa kali membatalkan penggunaan tiket kereta api yang telah terbit atas nama saya sepertinya sudah saatnya membagi pengalaman kepada pembaca. Alasan saya membatalkan tiket kerena perubahan jadwal atau tujuan.


Prosedur pembatalan tiket kereta api relatif mudah. Namun yang perlu diingat adalah dana HANYA KEMBALI 75 % (dikurangi bea pesan) dan maksimal pembatalan 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta. Lebih jelasnya mengenai prosedur pembatalan tiket kereta api dapat diakses pada tautan berikut ini.

Berdasarkan pengalaman saya hal yang perlu dipersiapkan untuk pembatalan tiket kereta api cukup sederhana
1. Fotokopi KTP dan Tunjukkan KTP Asli. Jika Pembaca ingin membatalkan tiket atas nama orang lain maka pastikan membawa KTP Asli yang bersangkutan
2. Tiket Resmi Berhologram (bukan tiket print out online)
3. Formulir Pembatalan Tiket Kereta Api
Ketiga dokumen ini diserahkan kepada loket pembatalan. Masing-masing stasiun berbeda lokasi tiket pembatalannya jadi pembaca dapat menanyakan langsung kepada petugas stasiun.

Isian Form juga sangat sederhana hanya data diri, data tiket kereta api, dan pemilihan prosedur pengembalian dana dengan opsi pengambilan tunai di stasiun tertentu atau transfer ke rekening yang dicantumkan. Saya tidak pernah mencoba untuk melakukan pengambilan dana di stasiun tertentu karena menurut saya lebih praktis via transfer saja walaupun secara waktu memang lebih lama dibandingkan pengambilan secara langsung.Via transfer lebih praktis dengan catatan jangan sampai salah menuliskan nama dan nomer rekening agar dana sampai tepat pada waktu yang dijanjikan alias ga ribet urus-urus ke stasiun lagi.
Setelah melakukan pengisian formulir dan menyerahkan dokumen persyaratan pada loket maka petugas akan melakukan validasi data-data tersebut. Setelah selesai di balik formulir akan ada validasi dan lembaran merah formulir akan diberikan kepada penumpang sebagai tanda terima. Jadi sebaiknya lembaran tersebut disimpan sampai dengan pengembalian sukses 100 % alias dana sudah diterima.
Sekitar 3 Minggu setelah proses pembatalan akan mendapatkan pesan konfirmasi dari KAI121. Format sms seperti gambar di atas. Praktis ga perlu periksa-periksa rekening toh sudah ada SMS notification dari KAI.



Terima kasih KAI sudah membuat prosedur pembatalan tiket begitu mudah dan tepat waktu

0 comments: